Selasa, 19 Agustus 2008

Studio Baru, Logo Baru

Senin pagi, 18 Agustus lalu, kesibukan di Newsroom Liputan 6 SCTV sedikit berbeda. Semangat para kru, mulai dari produser, kameraman, teknisi, hingga presenter lebih dari biasanya. Maklum, mulai pagi ini tayangan Liputan 6 akan berbeda dari sebelumnya. Ya, Liputan 6 Pagi kali ini akan tampil dengan studio baru, logo baru, dan suasana baru.

Jadi, wajar kalau ada semangat baru juga di dalamnya. Maklum, seluruh yang terlibat dalam penggarapan Liputan 6 Pagi kali ini akan menjadi yang pertama menggunakan studio baru dan logo baru dalam tayangan perdananya. Ibaratnya, mereka yang hadir di Newsroom pagi ini akan menjadi orang pertama yang hadir saat belah duren, pecah telor, saksi sejarah, atau apalah namanya, untuk studio baru dan logo baru Liputan 6.

Semangat yang muncul tidaklah berlebihan. Sebab, penantian akan kehadiran sebuah studio pemberitaan sudah sangat lama. Ibarat penyakit sudah stadium akhir, kalau orang pacaran sudah rindu setengah mati, dan bagi penggemar sepakbola bak menunggu Timnas Merah Putih berlaga di partai final Piala Dunia 2010. Tapi, penantian itu kini berakhir sudah. Penyakit sudah disembuhkan, kangen sudah terobati, meski kemungkinan tim PSSI berlaga di Piala Dunia Afrika Selatan agaknya tetap harus dibuang jauh-jauh.

Selama ini, kru Liputan 6 lebih mengandalkan daya penciuman, intuisi, kreativitas, dan kemampuan memanfaatkan ruang yang ada, tak jauh berbeda dengan pedagang kaki lima yang sigap mengisi celah lowong di trotoar Ibu Kota. Maka jadilah berbagai sudut di ruang redaksi disulap untuk menjadi lokasi syuting Liputan 6 dan program khusus pemberitaan lainnya. Begitu juga dengan berbagai lantai serta outlet di Senayan City, agaknya sudah pernah "dicicipi" untuk keperluan syuting Liputan 6.

Kini, dengan studio dan logo baru, Liputan 6 SCTV pun tampil semakin elegan dan bermartabat. Dominasi warna oranye membuat suasana langsung segar, meski Bayu Sutiyono tengah membacakan berita tentang warga yang pingsan akibat kelamaan antre minyak tanah. Begitu juga dengan kecanggihan teknologi yang digunakan, sehingga meja presenter bisa berputar 360 derajat, meski ironisnya pada saat bersamaan Sondang Sirait mengabarkan banyaknya daerah terpencil di Tanah Air yang belum bisa menikmati fasilitas listrik.

Intinya, dengan segala kemegahan dari Newsroom dan studio yang serba baru, Liputan 6 tetap tak berubah. Daya kritis masih menjadi pemandu kru Liputan 6 saat mengolah berita. Keberpihakan pada kaum lemah, aktualitas, dan akurasi masih diterapkan dengan standar tinggi. Bahkan, saat selamatan peluncuran studio dan logo baru pada siang harinya, pimpinan SCTV dan Liputan 6 menegaskan bahwa ini barulah langkah awal.

Jadi, agaknya masih banyak hal-hal baru lainnya akan terjadi di lantai 9 SCTV Tower yang nantinya akan membuat semangat kerja semakin terpacu. Termasuk (mungkin) taraf kesejahteraan yang baru. Tau ah, gelaaap...


[untuk memperbesar gambar silahkah di-klik]


Senin (18/8) pagi nan sepi di Newsroom Liputan 6 SCTV.


Ruang redaksi sebagian masih kosong.


Hanya segelintir orang yang terlihat di belantara luasnya Newsroom.


Kendati demikian, kesibukan telah dimulai, bahkan lebih dari biasanya.


Jejeran televisi di ruang rapat juga sudah memancarkan beragam gambar.


Maklum, mulai pagi ini Liputan 6 akan tampil dengan wajah berbeda, yaitu dengan logo dan studio baru.


Studio baru ini didominasi warna oranye yang cerah.


Tulisan Liputan 6 pun kini lebih ringkas dan tegas.


Studio baru posisinya tepat di samping Newsroom.


Hebatnya, meja presenter Liputan 6 sekarang bisa berputar 360 derajat agar bisa mengambil latar belakang yang beragam.


Kameraman pun mulai menyesuaikan diri dengan suasana baru.


Mumpung presenter pagi belum datang, presenter cadangan lebih dulu merasakan empuknya kursi presenter di studio yang baru.


Gambar police line di latar belakang menunjukkan kalau ini adalah meja presenter Buser SCTV.


Usai tayangan Liputan 6 Pagi, kesibukan beralih ke ruang redaksi.


Tayangan Liputan 6 Siang pun tampil pertama kali dengan wajah baru.


Usai Liputan 6 Siang, ruang redaksi mendadak kosong.


Ternyata, kesibukan telah berpindah ke ruang breakout. Ada acara selamatan launching studio dan logo baru Liputan 6 di sana.


Seluruh kru Liputan 6 larut dalam kegembiraan, karena konsumsi yang tersaji lumayan mengundang selera.


"Selamat Ulang Tahun SCTV, Semoga Liputan 6 makin jaya," ujar penghuni Sekretariat Redaksi Liputan 6 sumringah.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas, titip salam buat sekred-sekred Liputan 6 yang imut-imut itu ya...

CAReS mengatakan...

mas, bisa di posting foto2 ruangan studio SCTV...tiap ruangan..buat tugas kampus...thx