Rabu, 16 Juli 2008

Kabar dari Afrika Selatan


Tahun 2010 mendatang mata dunia akan tertuju ke Afrika Selatan. Ya, negara itu akan menjadi tuan rumah hajatan Piala Dunia, ajang sepakbola terbesar di atas muka bumi. Banyak pihak yang meragukan dipilihnya negara ini menjadi tuan rumah. Sebab, bayangan yang muncul jika menyebut benua ini selalu saja suasana gersang, kumuh, dan rusuh. Anggapan yang tidak terlalu salah sebenarnya. Tapi, Afrika Selatan punya catatan khusus.

Seorang teman, dokter Henny Fatmawita Faisal, yang ikut suaminya bertugas di Angola, beberapa waktu lalu sempat menyambangi negara bekas jajahan Inggris itu. Selama dua pekan, dokter Henny dan suaminya berkeliling di Cape Town dan Johannesburg, ibu kota Afrika Selatan. "Jalan-jalan mulus dan infrastruktur tertata rapi," ujar perempuan asal Sumatra Barat ini terkagum-kagum.

Afrika Selatan memang berbeda dari negara Afrika lainnya. Selain tergabung dalam kelompok negara Persemakmuran dan kekayaan alam yang melimpah, kehadiran kaum pendatang dari Eropa yang kemudian menetap ikut membuat wajah Afrika Selatan menjadi lebih modern. Berikut hasil jepretan dokter Henny dan suaminya selama berada di Afrika Selatan. Selamat menikmati.

[untuk memperbesar gambar silahkah di-klik]


Siapa sangka panorama seperti ini ada di Cape Town, Afrika Selatan.


Dokter Henny berpose dengan latar belakang pembangunan stadion sepakbola untuk ajang Piala Dunia 2010.


Cape Town International Convention Centre, dibuka Juni 2003 dan menjadi tempat pergelaran seni, pertemuan, dan pentas musik berkelas dunia.


Pusat kota Cape Town, bersih dan jauh dari kesan suram.


Sama seperti di Jakarta, di jalanan utama Cape Town juga ada asongan koran.


Boulder Beach, masih di Cape Town, lihat betapa bersih pantai dan airnya, Ancol sih lewat.


Boo Kaap, perkampungan muslim di Cape Town yang banyak dihuni pendatang dari Asia.


Sebuah masjid di Boo Kaap


Di latar belakang terlihat Table Mountain, gunung yang puncaknya datar seperti permukaan meja, lokasi wisata terkenal di Cape Town.


Di atas Table Mountain, tak ada kawah atau semak belukar karena gunung ini hanya berupa bebatuan.


Green Market, konon adalah lokasi belanja barang-barang dengan harga miring di Cape Town, padahal tampilannya ibarat bumi dan langit dibandingkan Taman Puring, Jakarta Selatan.


Cape of Good Hope atau Tanjung Harapan, pantai yang kondang ke seluruh dunia.


Dokter Henny di ujung pantai Tanjung Harapan, lokasi yang diyakini sebagai titik terluar atau paling selatan dari Benua Afrika.


Tanjung Harapan yang dalam bahasa setempat disebut Kaap die Goeie Hoop adalah sebuah tanjung bebatuan yang terletak di pantai yang menghadap Samudera Atlantik.


Bagaimana ya rasanya berada di tempat paling ujung dari Benua Afrika?


Tapi, ada juga yang mengatakan Tanjung Harapan bukan ujung paling selatan dari Benua Afrika. Sebenarnya ujung selatan dari Benua Afrika ada pada tempat yang berada 150 kilometer ke arah tenggara bernama Tanjung Agulhas. Kesalahpahaman tersebut diyakini bermula karena Tanjung Harapan merupakan titik geografi penting bagi para pelayar Portugis yang ingin berlayar menuju ke arah timur jauh. Entah mana yang benar.


Cape of Good Hope sering juga disingkat dengan sebutan Cape Point.


Kalau yang ini di Johannesburg, ibu kota Afrika Selatan.


Perumahan warga di Johannesburg tertata rapi dan rindang, jauh dari kesan gersang.


Jalanan di kompleks permukiman pun tak kalah dengan Pondok Indah, Jakarta Selatan.


Di latar depan terlihat kediaman bekas istri Nelson Mandela, Winnie.


Museum keluarga Mandela di Soweto, kota kecil di Johannesburg yang menjadi pusat perlawanan penentang sistem apartheid di masa lalu.


"Udah dulu ya, nanti kita ketemu lagi dengan hasil jepretan yang lebih menarik dari kota-kota di Angola," janji dokter Henny.

Thank's for henny and fitor


3 komentar:

Henny mengatakan...

Bisa yak bikin blog nya...

Henny mengatakan...

Bang Nal,Cape Agulhas itu pertemuan 2 samudra besar dimana kalau kita berdiri di tengah2nya akan beda air nya satu dingin dan satu lagi hangat...

marianarachman mengatakan...

huaa...

makasih postingannya...
jadi info ke kita...

kita mgkn akan kecapetown tanggal 1 agustus ini...

hehehe